Awas! Makanan Sehat Ini Ternyata Bikin Diet Gagal Lho!

0

Style Warnabiru.com, Bagi Anda yang sekarang ini sedang berada dalam program diet, maka sangat dianjurkan untuk Anda menjalankan aktivitas olahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan sehat yang tepat. Lantas, apakah semua makanan sehat itu aman untuk diet?

Nyatanya tidak semua makanan sehat itu aman untuk diet. Ada lho beberapa jenis makanan sehat yang ternyata malah membuat diet jadi gagal. Jadi untuk Anda yang memang sedang dalam program diet harus menghindari mengonsumsi makanan yang ‘katanya’ sehat tapi bikin diet gagal itu.

Lantas kira – kira apa sajakah makanan sehat yang bisa bikin diet jadi gagal? Berikut ulasannya yang Anda harus tahu!

Makanan Sehat yang Ternyata Bikin Diet Gagal

Berbagai jenis kacang – kacanganMakanan Sehat Yang Bisa Bikin Diet Gagal

Aneka ragam kacang – kacangan memang merupakan salah satu jenis makanan sehat. Akan tetapi jika Anda konsumsi secara berlebihan utamanya bagi Anda yang sedang dalam program diet, maka diet Anda berpotensi mengalami kegagalan.

Mengonsumsi kacang – kacangan dapat membuat berat badan Anda terhambat untuk turun. Dalam tata cara pengolahannya sekalipun tidak semua jenis kacang baik ketika dimasak. Anda harus tahu bagaimana cara memasak dan mengolahnya agar kacang tersebut benar – benar membantu dan menunjang program diet yang Anda jalankan.

Kacang yang dapat membantu diet jika dikonsumsi dengan cara yang tepat adalah jenis kacang yang diolah dengan cara direbus atau dikukus. Sementara kacang yang diolah dengan cara digoreng sama sekali tidak membantu proses diet Anda. Malah berpotensi menyebabkan diet mengalami kegagalan.

Buah – buahan kering

Sebenarnya tidak semua buah – buahan kering buruk untuk diet. Namun masalahnya sekarang ini ada banyak jenis buah – buahan kering yang dijual dengan jumlah gula besar. Hal tersebut tentu tidak baik untuk Anda yang sedang diet.

Gula – gula yang dibuat sebagai campuran buah – buahan kering difungsikan untuk menambah cita rasa manis dan mengurangi kadar asam yang ada pada buah tersebut. Dengan cara seperti itu justru buah – buahan kering memberikan jumlah kalori yang berlipat ganda utamanya jika dibandingkan dengan buah yang tidak dikeringkan.

Akibatnya, diet Anda tidak akan terbantu sama sekali. Diet Anda akan stagnan dan bahkan berpotensi untuk mengalami kegagalan karena setelah makan buah – buahan kering dengan pemanis, Anda akan cenderung mudah lapar.

Jika Anda suka dengan buah – buahan kering dan kebetulan sedang dalam kondisi diet, baiknya Anda berhati – hati dalam memilih buah – buahan kering tersebut. Perhatikan setiap komposisi dan kalori yang ada didalamnya.

Yoghurt beku

Bagi Anda yang suka yoghurt, yoghurt memang salah satu makanan sehat. Akan tetapi untuk Anda yang sedang diet, Anda tetap harus selektif memilih yoghurt karena tidak semua jenis yoghurt itu sehat. Yoghurt beku umumnya mengandung jumlah gula yang sama dengan jumlah gula yang ada pada es krim.

Untuk Anda yang sedang diet, baiknya Anda mengonsumsi yoghurt cair dan pastikan bahwa tidak memiliki rasa – rasa sehingga tidak mengacaukan diet Anda. Yoghurt yang memiliki aneka rasa tentu sangat tidak baik untuk program diet yang Anda jalankan.

Jus dalam kemasan

Didalam jus memang terdapat kandungan vitamin dan mineral, akan tetapi jus dalam kemasan tidak termasuk didalamnya. Jus dalam kemasan sekarang ini banyak yang dibuat dengan gula yang telah diproses sehingga nilai gizinya kurang.

Jika Anda memang pecinta jus, supaya lebih sehat dan tidak menambah berat badan Anda baiknya Anda membuat jus sendiri di rumah. Anda bisa memastikan 100% buahnya adalah buah asli dan Anda bisa ganti gula dengan madu atau bisa ditambah dengan bahan lain yang lebih sehat dan menunjang program diet Anda.

Sereal manisMakanan Sehat Yang Bisa Bikin Diet Gagal

Bagi Anda yang sedang diet, sarapan tidak boleh Anda lewatkan karena sarapan sangat penting bagi Anda. Anda bisa sarapan dengan sereal. Namun pastikan sereal yang menjadi menu sarapan Anda jangan sampai ada yang mengandung bahan pemanis.

Pastikan Anda tidak sedang mengonsumsi sereal yang diproses secara berlebihan, tinggi gula dan rendah kandungan serat, karena sereal yang memiliki ciri seperti itu tidak mengenyangkan ketika dimakan. Jadi pastikan periksa komposisinya dulu sebelum mengonsumsi sereal.

Makanan bebas kandungan glutenMakanan Sehat Yang Bisa Bikin Diet Gagal

Mungkin selama ini Anda masih berpikir bahwa makanan bebas gluten jauh lebih baik dibandingkan makanan tidak mengandung gluten. Namun apakah pernyataan tersebut 100% benar?

Nyatanya tidak! Bahan – bahan yang mengandung gluten sering diganti dengan bahan pati tinggi seperti nasi atau kentang. Bahan tersebut tinggi karbohidrat dan lemak sementara kandungan proteinnya lebih rendah sehingga tidak akan membuat Anda cepat kenyang.

Padahal dalam program diet, sangat penting hukumnya mengonsumsi makanan yang cepat membuat Anda merasa kenyang. Karena itu pastikan makanan yang Anda konsumsi adalah makanan yang rendah gula, tinggi protein dan pastinya cepat membuat Anda kenyang.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here