5 Jenis Makanan Kaya Asam Folat Sebagai Pilihan Makanan Ibu Hamil

0

Warnabiru.com, Bagi Anda yang sedang hamil, mengonsumsi makanan kaya asam folat sangat dianjurkan. Makanan kaya asam folat adalah makanan yang sangat penting dikonsumsi karena kandungan asam folat sangat dibutuhkan dalam proses tumbuh dan berkembangnya janin didalam rahim.

Ada banyak makanan kaya asam folat yang bisa ditemukan di sekitar kita. Dengan mengonsumsi makanan ibu hamil yang kaya kandungan asam folat, potensi bayi lahir cacat dan prematur bisa dicegah.

Lantas, apa sajakah makanan kaya asam folat yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai makanan ibu hamil? Disini kami akan berikan daftarnya untuk Anda!

Makanan Kaya Asam Folat Sebagai Makanan Ibu Hamil

BACA JUGA: 8 Manfaat Mengejutkan Mengonsumsi Jantung Pisang Bagi Kesehatan

Sayuran berdaun hijau5 Jenis Makanan Kaya Asam Folat Sebagai Pilihan Makanan Ibu Hamil | LIFESTYLE Warnabiru.com

Makanan kaya asam folat yang pertama dan sangat recommended sebagai makanan ibu hamil adalah sayuran berdaun hijau. Juara sayuran berdaun hijau adalah sayur bayam.

Didalam bayam akan Anda temukan 218 mikrogram kandungan asam folat didalam 2 porsi penyajiannya. Sementara sayuran lain yang juga dapat menjadi pilihan Anda dan setidaknya memberikan 50 sampai 90 mikrogram asam folat per porsi penyajian adalah daun katuk, selada, kale serta sawi.

Asparagus

Asparagus merupakan jenis sayuran yang cukup sulit ditemukan. Utamanya jika kita mencari asparagus di pasar – pasar tradisional. Didalam asparagus, pada satu porsi penyajiannya dapat Anda temukan sebanyak 79 mikrogram asam folat.

Dengan kandungan asam folat yang cukup banyak, tentu menjadikan asparagus sangat cocok menjadi santapan ibu hamil. Karena itu jangan Anda ragu untuk sesegera mungkin membeli sayuran ini. Pada beberapa restoran, asparagus biasa dibuat sebagai bahan utama dalam cream soup.

Jika tidak dijadikan olahan cream soup, asparagus juga bisa diolah menjadi aneka ragam olahan. Salah satunya asparagus bisa ditumis dan dicampurkan dengan daging sapi atau ayam. Pasti sangat lezat dan sehat.

Kacang merah5 Jenis Makanan Kaya Asam Folat Sebagai Pilihan Makanan Ibu Hamil | LIFESTYLE Warnabiru.com

Kacang merah merupakan bahan yang sangat mudah diolah dan bisa ditambahkan ke berbagai jenis hidangan. Selain memiliki manfaat tersebut, Anda juga harus tahu bahwa didalam kacang merah akan Anda temukan kandungan asam folat yang cukup banyak. Didalam 1 cangkir kacang merah akan Anda temukan sebanyak 330 mikrogram asam folat.

Salah satu cara sehat dan mudah yang Anda bisa lakukan untuk mengolah kacang merah adalah dengan menjadikannya campuran sup. Sama seperti asparagus, Anda bisa tambahkan kacang merah ke dalam cream soup. Dapatkan nikmatnya sekaligus sehatnya

Brokoli

Sayuran ini merupakan sayuran yang seringkali dijuluki sebagai superfood karena kandungannya yang kaya betakaroten, vitamin C, kalsium, serat, antioksidan dan zat besi. Untuk kandungan asam folatnya, Anda bisa temukan kandungan asam folat sebesar 104 mikrogram didalam setiap 1 cangkir penyajiannya.

Buah alpukat5 Jenis Makanan Kaya Asam Folat Sebagai Pilihan Makanan Ibu Hamil | LIFESTYLE Warnabiru.com

Buah yang satu ini ternyata buah yang kaya manfaat untuk ibu hamil. Didalamnya akan Anda temukan sebanyak 90 mikrogram folat. Selain itu, alpukat juga kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak janin dan jantung Anda.

Ada banyak cara sehat yang bisa dilakukan untuk mengolah buah alpukat. Ibu hamil bisa menjadikan alpukat sebagai smoothie dengan dicampur madu, jus, dijadikan salad buah atau berbagai olahan sehat lainnya.

Itulah beberapa makanan kaya asam folat yang cocok dikonsumsi sebagai makanan ibu hamil. Dianjurkan ibu hamil mengonsumsinya secara rutin karena dengan mengonsumsinya secara rutin tubuh yang sehat dan janin yang kuat akan Anda dapatkan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here