5 Pilihan Makanan Sehat Penambah Darah, Penderita Anemia Harus Tahu!

0

Warnabiru.com, Bagi Anda yang menderita anemia atau kekurangan sel darah merah didalam tubuh, maka tentu mengonsumsi makanan yang tepat dan bisa menambah kadar hemoglobin dalam darah sangat dianjurkan. Dengan mengonsumsi makanan yang dapat menambah kadar hemoglobin darah, tentu masalah anemia Anda teratasi.

Makanan yang kaya kandungan zat besi, vitamin C, asam folat dan berbagai macam kandungan lain sangat perlu Anda konsumsi. Lantas, apa sajakah makanan sehat penambah darah yang sangat dianjurkan bagi penderita anemia? Disini kami berikan ulasan selengkapnya untuk Anda. Lets check these out!

Makanan Sehat Penambah Darah Untuk Penderita Anemia

Daging merah5 Pilihan Makanan Sehat Penambah Darah, Penderita Anemia Harus Tahu! | LIFESTYLE

Bagi Anda penderita anemia, mengonsumsi daging merah dianjurkan sesering mungkin. Didalam daging merah terdapat kandungan zat besi sebanyak 2,6 mg setiap 100 gramnya. Hal tersebut menjadikan daging merah menjadi salah satu makanan yang paling kaya kandungan zat besi.

Zat besi dari daging merah sangat mudah diserap oleh tubuh. Makanan ini pun mengandung 10 nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, kalsium, juga magnesium yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu menambah sel darah didalam tubuh.

Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang kaya kandungan zat besi sehingga sangat ampuh untuk menambah darah. Anda bisa masak bayam dengan cara direbus, dijus atau dijadikan salad untuk dimasak dengan makanan yang lain.

Telur5 Pilihan Makanan Sehat Penambah Darah, Penderita Anemia Harus Tahu! | LIFESTYLE

Makanan sehat penambah darah selanjutnya yang juga dianjurkan dikonsumsi oleh penderita anemia adalah telur. Telur merupakan makanan penambah darah yang banyak disukai orang. Dalam satu buah telur rebus atau dalam 100 gram telur rebus terdapat kandungan sebanyak 1,2 mg zat besi.

Sebagian besar zat besi dan jenis vitamin lain didalam telur terdapat didalam kuning telur. Jadi ketika Anda sedang mengonsumsi telur pastikan kuningnya jangan dibuang. Pastikan Anda menghabiskan bagian kuning telur yang kaya zat besi tersebut.

Namun bukan berarti bahwa putih telur tidak baik. Putih telur juga merupakan bahan yang baik dan kaya manfaat. Didalam putih telur akan Anda temukan kandungan asam amino esensial yang sangat dibutuhkan oleh kesehatan tubuh Anda.

Tahu

Bahan makanan sehat penambah darah yang satu ini sangat ampuh untuk membantu menambahkan hemoglobin tubuh karena kandungan zat besi yang terdapat didalamnya. Selain itu, tahu juga memiliki berbagai macam vitamin yang sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang notabennya merupakan seorang vegetarian.

Makanan yang terbuat dari bahan susu kedelai ini dapat menjadi opsi untuk Anda yang sedang diet karena jumlah kalorinya jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan makanan yang lainnya. Dalam mengonsumsi tahu, agar nutrisi didalamnya tidak hilang baiknya Anda olah dengan cara direbus atau dikukus, hindari mengolah tahu dengan cara digoreng.

Kacang hijau5 Pilihan Makanan Sehat Penambah Darah, Penderita Anemia Harus Tahu! | LIFESTYLE

Selain kaya akan kandungan zat besi yang dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin didalam darah, kacang hijau juga dapat membantu dalam proses penyerapan nutrisi serta protein.

Kacang hijau selama ini dikenal sebagai antioksidan yang dapat membantu menghindari radikal bebas serta membantu terjadinya pembentukan sel, membuat kerja saraf semakin maksimal serta menjadi sumber energi dalam penyerapan karbohidrat.

Itulah beberapa makanan sehat penambah darah yang wajib dikonsumsi oleh penderita anemia. Dengan Anda mengonsumsi berbagai makanan sehat tersebut secara teratur kadar hemoglobin darah akan meningkat dan anemia akan segera teratasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here