Hilangkan Jerawat Dengan Mengikuti Tips Berikut Ini

0

Jerawat merupakan salah satu musuh kita apalagi kaum wanita. Jerawat bisa merusak merusak penampilan dan membuat wanita tampil tidak percaya diri, apalagi jika jerawat lama hilang dan meninggalkan bekas jerawat di wajah.

Oleh karena itu tidak jarang wanita melakukan berbagai upaya untuk menjaga kesehatan dan kecantikan agar tidak merusak penampilan mereka. Ikuti tips berikut ini untuk hilangkan jerawat dan bekas jerawat di wajah :

Gunakan es batu

Es batu juga banyak dijadikan pilihan orang untuk mengurangi radang dan warna kemerakan pada kulit wajah. Sebelum itu cuci bilas area wajah dengan air bersih lalu oleskan es batu dengan bantuan handuk kecil yang lembut dan bersih.

Hilangkan kebiasaan untuk menyentuh atau  memencet jerawat dengan tangan kosong, karena belum tentu tangan kita bersih dari kotoran dan kuman. Selain itu memencet jerawat hingga pecah juga akan meninggalkan bekas jerawat yang menghitam di wajah.

Jangan malas mengganti sarung bantal dan seprai

Malas mengganti sarung bantal dan seprai hanya akan membuat kamu tidur di tempat yang kotor dan penuh kuman serta bakteri. Selain berdampak buruk pada kesehatan tubuh, kebiasaan ini juga bisa menimbulkan masalah kulit lainnya termasuk jerawat. Sebagai langkah pencegahan gantilah seprai dan sarung bantal minimal sekali seminggu agar kamu tidur dalam keadaan bersih.

Tidur tepat waktu

Selalu tidur larut malam dan begadang hanya akan membuat jerawatan karena terjadinya peningkatan kadar hormon androgen yang membuat kulit wajah menjadi berjerawat.

Kurangnya jam tidur akan membuat sistem imun tubuh mengalami penurunan yang bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat di wajah kamu.

Nah, Mulai sekarang biasakan tidur lebih awal agar tubuh dan pikiran bisa istirahat dengan maksimal agar kesehatan kulit pun ikut terjaga.

Bersihkan wajah dari kosmetik

Setelah memakai kosmetik, jangan lupa untuk membersihkannya sebelum tidur. Saat lelah karena aktifitas seharian, kadang kita malas membersihkan kosmetik dan langsung tidur. Nah kebiasaan buruk ini ternyata bisa memicu tumbuhnya jerawat diwajah lho. So rajin – rajinlah membasuh muka.

Jangan setiap hari bermake up tebal

Maksudnya jangan terlalu sering menggunakan make up dengan bahan dan formula berat sehingga wajah kamu terasa tebal dengan riasan make up tersebut. Pemakaian make up yang beelebihan akan membuat kulit menjadi tidak sehat dan sulit bernapas karena pori-pori terhambat oleh foundation.

Produk retinoid dan salicylic acid

Jika memiliki kulit wajah yang mudah berjerawat sebaiknya gunakan kosmetik yang mengandung retinoid sebab memiliki sifat anti-aging yang bisa melakukan pergantian sel kulit dengan cepat.

Kandungan salicylic acid bisa membersihkan pori-pori yang tersumbat akibat kotoran yang menumpuk di wajah agar tidak timbulnya jerawat di wajah.

Selalu gunakan pelembab

Selalu gunakan pelembab setiap hari apalagi jika kamu bekerja di luar ruangan. Gunakan pelembab sesusai kondisi kulit yaitu kulit berminyak, kulit kering atau kulit kombinasi. Selalu jaga kulit dalam keadaan lembab, jika kulit sampai emngalami dehidrasi akan menyebabkan jerawat yang tumbuh akan sulit hilang dan meninggalkan bekas.